Kata Pamali Artinya

Inilah rangkuman definisi paman berdasarkan Kamus Bahasa Indonesia dan berbagai referensi lainnya. Contoh kapamalian Sunda dan artinya.


Pamali Norma Lisan Masyarakat Kantor Bahasa Maluku

Pamali adalah larangan yang sifatnya tidak logis dan apabila pamali itu dilanggar dipercaya akan mendatangkan suatu masalah atau kejadian yang kurang baik celaka kena batunya atau petaka.

Kata pamali artinya. Dalam bahasa dan budaya Sunda yang saya pahami pamali adalah sebuah kata larangan. Menurut KBBI Pamali atau Pemali memiliki artian larangan pantangan berdasarkan adat dan kebiasaan. Oleh karena itu perlu ada.

Misalnya ulah diuk di lawang panto pamali jangan duduk di pintu keluar tabu. Orang menyebut demikian biasanya karena sulit untuk menjelaskan kata pamali ini. Teguran tersebut disampaikan agar anak cucu atau orang lain itu tidak melakukan suatu tindakan yang menjadi pantangan bagi orang Jawa.

Saya sendiri sih sulit. Pamali dalam bahasa Arab sama artinya dengan thiyarah atau tathoyyur. Pamali Jawa merupakan teguran orang tua kepada anak cucu atau orang lain yang diungkapkan secara tidak langsung.

Dalam masyarakat sunda adat berkaitan erat dengan kata pamali sebutan untuk menyatakan segala sesuatu yang bersifat tabu dan jangan sekali-kali menanyakan mengapa bila disebut pamali. Namun dari penelitian budaya banyak pamali yang sebenarnya masuk akal misalnya larangan membunuh binatang buruan yang sedang kawin atau sedang hamil. Sesuatu yang disebut pamali sangat tabu dilakukan.

Hal ini sedikit unik karena ternyata kata Pamali memiliki makna yang ditujukkan kepada si pengucapnya. Wallahu alam Dan apabila kapamalian atau pamali ini misalkan dilarang atau dilanggar biasanya masyarakat sunda akan mengatakan. 98 tayangan Jawaban Terkait Nasrullah Idris.

Apa arti kata Pamali dalam bahasa Sunda. Masa kehamilan merupakan salah satu masa yang banyak pamalinya tetapi seiring dengan perkembangan jaman kepercayaan orang terhadap pamali berkurang padahal pamali mengandung alasan logis di Baliknya yang patut untuk dituruti. Arti kata paman adalah sapaan orang laki-laki yang belum dikenal atau yang patut dihormati.

Arti lainnya dari paman adalah adik laki-laki ayah atau ibu. Pantangan tersebut tentunya berawal dari banyaknya kasus yang terjadi. Kapamalian Kata pamali sering diartikan sebagai larangan dari orang tua sunda terdahulu atau larangan dari sesepuh sunda.

Pamali maksudnya bahwa kita tidak boleh melakukan suatu hal atau pekerjaan pada situasi tertentu karena konon akan ada akibat yang kurang baik nantinya. Mayoritas orang Sunda masih percaya kepada pamali karena segala hal yg dibilang pamali pada umumnya bersifat buruk dan dipercaya akan bikin kualat kalo tetap dilanggar. Semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya.

Menurut Mustapa Hasan RH. Larangan itu selalu diawali atau diikuti dengan kata Pamali Pernah dengar kan. Pamali biasanya diucapkan oleh orangtua dan berlangsung secara turun temurun yang nggak boleh dilakukan atau pantang di lakukan.

Pengertian Pamali itu sendiri tidak dibahas secara khusus tapi jika dalam segi bahasa Pamali itu mengandung arti larangan atau tabu. Sebab dengan tingkah seperti itu Anda sedang sengaja mengundang kemunculan buaya siluman yang. Di beberapa tempat pamali ini masih makan.

1985 h189 dalam bahasa Sunda kata pamali berasal dari kata bali dalam arti lain balik harus disertai dengan perlakuan dan malik harus disertai dengan perbuatan. Pamali bagi perempuan berkunjung ke laki-laki. Ini adalah bentuk-bentuk kesyirikan yang tersebar luas di masyarakat.

Pamali dalam bahasa Indonesia artinya adalah tabu. Kata pamali sering diartikan larangan karuhun atau orangtua agar tidak melakukan suatu perbuatan karena akan ada akibatnya. Adat dalam bahasa sunda artinya biasa umum lumrah.

Atau pantangan pada dasarnya merupakan larangan adat mengenai sesuatu yang tak boleh dikerjakan atau diperbuat karena suatu alasan yang kadang-kadang tidak masuk akal. Contoh paling sering bel. Pernah dengar kata Pamali gak agan-agan.

Pamali ini biasanya tersebar di semua tempat sampai seringkali kita sudah tidak tahu dari mana pamali itu berasal. Dalam budaya sunda ada tuh pamali yang artinya larangan melakukan sesuatu karena akan berakibat sesuatu. Pamali sendiri sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Pamali merupakan kata bahasa Sunda yang artinya pantangan hal yang tabu untuk dilakukan. Pamali dalam bahasa Sunda artinya pantangan sesuatu yang tidak boleh dilanggar. Kata ini sering disebutkan terutama biasanya orang tua kita dengan maksud melarang agar tidak dilakukan suatu tindakan tertentu.

Terdapat 3 arti kata paman di KBBI. Ulah cara ka kembang malati kudu cara ka kembang picung artinya jangan cepat bosan tapi harus setia selamanya. Dari ketika makna huruf tersebut kita bisa mengambil pengertian Pamali menurut bahasa arab artinya Sesuatu itu untuk diriku.

A man that puts himself in a subservient submissive position under women in hopes of winning them over without the female bringing anything to the table. Kapamalian berasal dari kata pamali menggunakan awalan ka- dan akhiran --an artinya kata ini termasuk nomina atau kata benda. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI arti kata pamali adalah tabu.

Misalnya di Situ Cangkuang selama naik rakit Anda dilarang untuk menyibak air danau dengan tangan. Hampir semua Pamali Jawa selalu diawali dengan kata perintah aja yang artinya jangan. Tapi dalam hal ini artinya pamali pa alat yang dipakai untuk membalikkan maksudnya segala sesuatu yang harus dipantang karena pamali kelak tidak akan dipantang.

Pamali bisa juga disebut dengan pantangan. Pada postingan di atas pengertian dari kata pamali berasal dari beberapa sumber bahasa dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber. Indonesia yang mempunyai banyak suku dan budaya membuat pamali.

Pamali adalah pantangan yang tidak boleh dilakukan. Pamali dalam bahasa Indonesia artinya adalah tabu. Arti lainnya dari pamali adalah pantangan.

Kabarnya nenek moyang atau orang-orang terdahulu lah yang memberikan informasi turun temurun tentang pamali-pamali ini. A man that puts too much value on a female for no reason. Pamali ini bisa menjadikan kesialan kepada sesuatu yang dilihat didengar diketahui atau yang dilakukan.

Jika pamali dilanggar maka dalam kepercayaan masyarakat Sunda akan ada akibat buruk di kemudian hari. Pamali Nomina kata benda Tabu. Selain itu Pamali juga memiliki arti yang unik.


Arti Kata Pamali Dalam Kamus Banjar Indonesia Terjemahan Dari Bahasa Banjar Ke Bahasa Indonesia Kamus Bahasa Banjar Ke Bahasa Indonesia


25 Contoh Kapamalian Pamali Bahasa Sunda Dan Artinya


Arti Kata Pamali Dalam Kamus Jawa Indonesia Terjemahan Dari Bahasa Jawa Ke Bahasa Indonesia Kamus Bahasa Jawa Ke Bahasa Indonesia


LihatTutupKomentar